Mengenal Teknologi java

Apa itu java?
Java merupakan bahasa pemrograman  berorientasi objek dan bebas platform, dikembangnkan oleh SUN Micro System dengan sejumlah keunggulan yang memungkinkan Java dijadikan sebagai bahasa pengembangan enterprise.
Berikut keunggulan-keunggulan java.
1.      Berbasis GUI
Kita bisa membuat tampilan berbasis grafik (Graphic User Interface/GUI) untuk memudahkan pemakai berinteraksi dengan program.
2.      Berorientasi Objek
Konsep pemrograman berorientasi objek tak lain dirancang agar kita dapat memandang pemrograman sebagai suatu kehidupan nyata. Ini membuat pengembangan software menjadi lebih mudah karena kita seolah-olah berhubungan dengan kehidupan nyata, bukan lagi kehidupan dunia lain. Java merupakan salah satu bahasa yang memiliki dukungan penuh terhadap konsep pemrograman berorientasi objek
3.      Aplikasi Web
Saat ini web merupakan sarana yang tidak dapat dipisahkan dari IT. Mungkin ini disebabkan fitur web sebagai sarana komunikasi dihubungkan dengan konsep bahwa manusia itu adalah makhluk sosial yang perlu berkomunikasi. Java merupakan bahasa pemrograman yang memiliki dukungan sangat baik terhadap aplikasi web. Hal ini wajar sebab memang pada awalnya Java dilahirkan sebagai solusi untuk menjawab kebutuhan bahasa pengembangan yang mendukung aplikasi berbasis jaringan.
Diantara teknologi Java yang mendukung aplikasi  web adalah Applet, JSP, CORBA dan lain-lain. Lebih dari itu, Java memiliki SDK (Software  Development Kit) yang ditujukan untuk mendukung aplikasi enterprise, yang identik dengan aplikasi jaringan, yaitu J2ME(Java 2 Enterprise Edition)
4.      Multiplatform
Jika anda membuat program dengan bahasa pemrograman seperti C, C++ atau Pascal, program yang anda kompilasi hanya bisa berjalan di satu platform saja. Jika dikompilasi di Windows, program itu hanya bisa dijalankan di Windows saja. Jika dikompilasi di Linux, maka hanya bisa dijalankan di Linux saja. Jika anda membuat program untuk berjalan diatas Windows, kemudian suatu waktu anda ingin menjalanakannya pada Linux, anda harus mati-matian untuk menyesuaikan kode program itu.
Dengan Java, hal itu tidak perlu terjadi. Sekali anda membuat program, ia bisa dijalankan pada komputer dengan platform yang berbeda, asalkan JVM telah terinstal untuk platform itu. Jika anda membuat program Java diatas windows, makan ia bisa dijalankan pada Linux, Unix, macintosh.
Selain itu Java juga bisa digunakan untuk membuat program yang  berjalan diatas sebagai mobile device
(dengan J2ME), PDA, embedded system, dan lain-lain.
5.      Keamanan
Salah satu alasan mengapa jav tepat digunakan utnuk menangani kebutuhan aplikasi enterprise adalah kemampuannya dalam soal keamanan. Fitur keamanan java ada 2 paket, yaitu pada JDK dan pada Java Cryptography Extension (JCE). Fitur keamanan yang tersedia pada kedua paket itu meliputi signatur(untuk menanda tangani dokumen). Message digest, pembangkitan kunci, autentikasi, enkripsi dan bilangan besar(big number).
6.      Bisa digunakan pada Aplikasi Jaringan Terdistribusi
Aplikasi yang berjalan dpada jaringan terdistribusi melibatkan sejumlah computer yang berkomunikasi secara transparan, yaitu seolah sejumlah computer itu merupakan sebuah computer yang bersatu untuk menjalankan sebuah perintah. Dengan fitur ini anda bisa membuat program untuk menyelesaikan kasus tertentu dengan melibatkan beberapa computer. Ini akan membuat penyelesaian masalah lebih cepat.
7.      Mendukung Software mission-critical
Java bisa digunakan untuk pengambangan software dimana tingkat error yang terjadi sangat diperhatikan, dimana sebuah error pada eksekusi program bisa mengkaibatkan kerusakan fatal pada system secara keseluruhan. Anda bisa membayangkan apa yang akan terjadi jika software pengendali pesawat terbang rusak. Sangat fatal akibatnya bukan?
Sebagai dukungan terhadap software seperti ini, java menghilangkan sejumlah fitur C++ yang berpotensi menghasilkan error yang fatal, seperti pointer, konvensi tipe tanpa dicek, dan lain-lain.
8.      Multithread
Fitur multithread dugunakan untuk menjalankan sejumlah proses secara bersamaan. Dengan menggunakan fasilitas ini anda bisa membuat program java yang menjalankan beberapa perintah sekaligus, sehingga tidak perlu menunggu sebuah perintah selesai dikerjakan untuk mengerjakan perintah lain.

0 Response to "Mengenal Teknologi java"

Post a Comment