Rumpun Komputer




Gagasan rumpun computer muncul pada tahun 1960. rumpun computer atau family computer adalah set implementasi yang menggunakan ISA yang sama.penerapan dari rumpun computer adalah : seluruh anggota rumpun atau keluarga menjalankan program yang sama dan memelihara kompabilitas dengan hardware generasi sebelumnya apabila akan dilakukan implementasi yang berdasarkan pada teknologi yang baru.
Apa yang membuat rumpun computer berhasil ? Kuncinya adalah dengan menciptakan arsitektur yang dapat diimplementasikan dengan berbagai cara untuk menangkau berbagai macam tingkat biaya dan kinerja. Setiap implementasi harus bersifat kompetitif, juga harus bersifat kompatibel (serasi – pasang). Program yang berjalan pada rumpun computer dasar juga harus bisa dijalankan pada semua anggota rumpun tingkat yang lebih atas. Sebaliknya program yang dipindahkan dari mesin yang berdaya tinggi kemesin berdaya berdaya rendah juga harus berjalan secara kompatibel. Dengan memberikan mesin yang berdaya rendah tersebut dengan memori serta kemampuan yang memadai untuk mendukung kerjanya. 
Arkom adalah desain computer yang meliputi set instruksi, komponen hardware dan organisasi atau susunan sistemnya. Ada dua bagian pokok dari arkom, yaitu Instuction- Set Architecture (ISA), dan Hardware – System Architecture(HAS).ISA meliputi spesifikasi yang menentukan bagaimana progamer bahasa mesin akan berinteraksi dengan computer, ISA juga akan menentukan sifat komputasional computer. HAS bekaitan dengan sub system hardware utama computer, yang meliputi CPU, Memori, I/O. HAS mencakup desain logis dan organisasi arus data dari sub system, oki tingkat HAS yang luas akan menjadikan mesin dapat beroperasi secara efisien.
Harus ada pembedaan antar arkom dan pengimplementasiannya. Implementasi adalah realisasi computer dalam hardware dan mencakup pilihan teknologi, kecepatan, biaya dsb. Arsitektur tidak menentukan implementasi dan sebaliknya , namun masing-masing saling mempengaruhi. Secara umum dua computer yang memiliki ISA yang sama akan menjalankan program yang sama pula.
IBM (International Machines Corporation) pertama kali mengenalkan ide mengenai rumpun computer pada awal 1960. ketika itu meluncurkan arsitektur rumpun system 360. Komputer yang berbeda dalam rumpun tersebut mempunyai jumlah memori yang berbeda, menggunakan teknologi yang bebeda, mempunyai arsitektur bus yang berbeda dan kecepatan kerjanya juga berbeda. Namun model dalam rumpun tersebut dapat menjalankan program yang sama

0 Response to "Rumpun Komputer"

Post a Comment